Greetings from Belitung Island


"A year from now you will wish you had started today."

Segala sesuatu yang ingin dimimpikan dan dicapai haruslah dimulai dari sekarang.
Apabila tidak, suatu saat hal tersebut akan menjadi penyesalan dalam hidup. 

Well. 
Pemikiran tersebut dan dorongan dari orang sekitar membuat saya berpikir dan memutuskan untuk share tentang my travel journey. Meski belum keliling dan menjelajah ke seluruh dunia, tapi saya ingin membagikan cerita tentang negara, kota, dan daerah yang pernah dikunjungi. 

WELCOME TO MY BLOG!!! 

Belitung? 
Yes!!! 
Bulan Mei lalu, saya pergi ke Pulau Belitung for weekend getaway. Udah lama banget, saya pengen ke Belitung dan baru kali ini akhirnya pergi dan explore Belitung. 
So, I checked one of my travel bucket lists. 

Kenapa Belitung menjadi salah satu my travel bucket list? 
Di sana isinya cuma pantai doang dan tidak ada apa-apa. 
Banyak orang yang nanya orang seperti itu. 
Let me tell you that having a vacation in Belitung is totally worth it! 

First time landing in Belitung Island, pemandangannya sangat berbeda dengan Bandara Soekarno-Hatta. Hamparan gunung dan pohon - pohon menyambut saya pertama kali saat landing di Bandara H.A.S Hannadjoeddin. Udaranya pun masih sejuk, tidak ada polusi dan langitnya juga masih berwarna biru cerah serta dikelilingi oleh awan putih. Scenery yang tidak akan didapatkan di Jakarta. 

Sebagai orang yang baru pertama kali ke Pulau Belitung, Belitung Island is so beautiful. 
Selama 3 hari di Belitung, saya stunned dengan keindahan alamnya. 

Pantai - pantai di Belitung yang masih bersih dengan pemandangan laut yang biru dan dihiasi dengan langit biru dan awan putih. 
Keindahan bawah laut di sekitar Pulau Lengkuas masih benar-benar terjaga dan sangat indah untuk dilihat. This makes Belitung Island become one of top diving spots in Indonesia. 
Batu - batu tinggi dan besar yang berada di Pantai Laskar Pelangi membuat pantai tersebut menjadi sangat indah. Dan hal yang paling berkesan adalah ketika menikmati sunset di pantai ini dengan pemandangan laut lepas dan berada di atas batu yang besar. You will never get this moment in Jakarta. 

How do I get there?
Berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta menuju Bandara H.A.S Hannadjoeddin, Tanjung Pandan. Perjalanan dari Jakarta ke Tanjung Pandan memakan waktu sekitar 45 menit. Setiap hari ada penerbangan yang menuju ke Tanjung Pandan dari pagi hari sampai sore hari dengan maskapai dosmetik. Sebaiknya mengambil penerbangan pagi hari untuk ke Belitung dan sore hari untuk balik ke tempat asal. 
Selama di Belitung, lebih baik menyewa mobil atau mengambil local tour di sana karena sedikitnya transportasi umum. Tempat wisata di Belitung juga berjauhan sehingga membutuhkan mobil untuk pergi ke sana.

Where do I stay?
Selama 2 malam di Belitung, saya menginap di 2 hotel yang berbeda. 
Hari pertama, saya keliling daerah Belitung Timur dan menginap di Guest Hotel Belitung Timur. Dari sisi harga, hotel ini murah dan affordable. Dari sisi kenyamanan dan kebersihan, hotel ini OK untuk diinapi. 
Hari kedua, saya pindah ke daerah Belitung Barat. Di Belitung Barat, saya menginap di Puncak Hotel.
Hotel ini juga OK dari sisi harga, kenyamanan, dan kebersihan. 

How much does it cost?
Berlibur di Belitung menghabiskan uang sekitar Rp 2.500.000,- dan sudah termasuk tiket pesawat, hotel, dan makan (sarapan, lunch, dan dinner), tetapi tergantung dengan tanggal keberangkatan. 
I suggest you to take the local tour if you want to go there.

Additional
3 hari adalah waktu yang cukup untuk berlibur dan menghabiskan waktu di Belitung. Kalian sudah banyak mengunjungi tempat wisata dan tempat - tempat yang bagus di Belitung. 
Berikut adalah itinerary selama di Belitung 3 hari 2 malam. 

Day 1 
- Kota Gantung Belitung Timur 
- Replika Sekolah Laskar Pelangi 
- Museum Kata Andrea Hirata 
- Kampoeng & Rumah Ahok 
- Klenteng Dewi Kwan Im 
- Pantai Burung Mandi

Day 2 
- Pantai Tanjung Kelayang 
- Island hopping (Pulau Burung, Pulau Pasir, Pulau Lengkuas (snorkeling spot), Pulau Kepayang, Pulau Batu Berlayar (lihat bintang laut))
- Pantai Laskar Pelangi/Tanjung Tinggi 

Day 3 
- Bukit Berahu 
- Danau Kaolin 


Replika Sekolah Laskar Pelangi


Tempat yang pertama dikunjungi di Belitung adalah Replika Sekolah Laskar Pelangi. Lokasi replika sekolah ini berada di Belitung Timur yang berarti membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari airport menuju tempat ini. Sekolah ini memang bukan tempat syuting dari film Laskar Pelangi, tapi bolehlah untuk dikunjungi apalagi sudah jauh-jauh pergi ke Belitung. 

Museum Kata Andrea Hirata


Next, tempat yang tidak jauh dari Replika Sekolah Laskar Pelangi adalah Museum Kata Andrea Hirata. Dari Sekolah Replika Laskar Pelangi hanya berjarak beberapa kilometer saja.
If you are a big fan of Laskar Pelangi & Andrea Hirata, you should go to this museum. 
Karena saya bukan penggemar dari film Laskar Pelangi dan Andrea Hirata, saya tidak masuk ke dalam so I can't give the review for this. 
Dilihat dari depannya saja, tempat ini OK untuk dikunjungi. 

Burung Mandi Beach


Pantai Burung Mandi terletak di Belitung Timur dan suasana di pantai ini benar-benar sepi. Untuk menambah foto dan mempercantik feed instagram, kalian dapat sepuasnya berfoto-foto di tempat ini. 
Pantai ini juga cocok bagi kalian yang menyukai ketenangan karena pantai ini benar-benar sepi. 

Tanjung Kelayang Beach (heading to islands)


Untuk hopping island, starting pointnya adalah Pantai Tanjung Kelayang. Dari pantai ini, saya memulai perjalanan untuk melihat keindahan pulau - pulau kecil di Belitung. For your information, perahu yang digunakan untuk hopping island adalah seperti yang ada pada foto di atas dan harga sewa perahu bervariatif. Pantai ini juga menyediakan jasa penyewaaan alat - alat snorkeling bagi kalian yang ingin snorkeling. 
Sebaiknya island hopping dilakukan dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. 

*view from boat* Lengkuas Island

Salah satu pulau yang terkenal di Belitung adalah Pulau Lengkuas yang identik dengan mercusuar. Saat pergi ke Pulau ini, mercusuarnya tidak dapat dikunjungi sehingga tidak bisa melihat pemandangan dari atas. 
Di pulau ini, kalian bisa foto - foto di depan mercusuar atau di batu - batu sebelum kalian bersnokeling di sekitar Pulau Lengkuas. 

*view from Lengkuas Island*
Lengkuas Island
Add caption
Laskar Pelangi Beach / Tanjung Tinggi Beach


Di sini tempatnya untuk kalian berfoto-foto di batu tinggi seperti di film Laskar Pelangi. Pasti banyak yang penasaran di mana dapat foto dengan batu tinggi di Belitung, jawabannya adalah di pantai Laskar Pelangi. Pantai ini adalah tempat syuting film Laskar Pelangi. Banyak hal yang bisa kalian lakukan di sini seperti menikmati sunset di atas batu tinggi, foto-foto di antara batu tinggi, bermain canoe, atau berenang di laut karena lautnya sangat tenang. 

Menikmati sunset di atas batu tinggi dengan laut yang tenang dan langit yang indah adalah momen yang unforgettable dan ga bisa didapatkan di Jakarta. You should go here and enjoy the sunset. 

*enjoying the scenery before sunset*
*enjoying sunset at Laskar Pelangi Beach*
Kaolin Lake
Last but not least, destinasi terakhir yang gua kunjungi di Belitung adalah Danau Kaolin. Danau ini terbentuk akibat dari penambangan timah. 
Pemandangan ini dapat dilihat dari atas pesawat saat mau mendarat di Belitung.

Kalau kalian ingin pergi liburan singkat dengan budget yang low, you can choose Belitung as your destination. 
It's totally worth it to get lost in Belitung Island.  

Note: Photos were taken with Iphone 5s and edited with VSCO cam. 

Comments

Popular Posts